Saturday, December 4, 2010

Museo Del Oro Columbia, Museum Emas Terbesar di Dunia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Berkunjung ke Museo Del Oro Columbia, Museum Emas Terbesar di Dunia

MUSEO DEL 'ORO (GOLD MUSEUM) IN BOGOTA , COLUMBIA


El Museo del Oro (Gold Museum) atau disebut Musem Emas ini terletak di kota Bogota, Ibukota Kolumbia, Amerika Selatan. Dan merupakan Museum Emas Terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 50.000 koleksi ornamen, peralatan dan karya seni yang terbuat dari emas







SEJARAH MUSEO DEL 'ORO (GOLD MUSEUM)
Pada 1939, Bank Republik Kolumbia mulai membantu negara untuk melindungi warisan peninggalan budaya Kolombia. Bank Republik Kolumbia ini mengumpulkan benda-benda peninggalan bangsa Muisca (suku asli Kolombia – 2500 SM). Suku Muisca dianggap memiliki salah satu sistem peradaban yang paling berkembang di Amerika Selatan, setelah Suku Inca. Hal ini terlihat dari barang-barang peninggalan Suku Muiska yang terbuat dari emas dan memiliki nilai tinggi.

Setelah mengadakan riset terhadap peninggalan Suku Muisca, maka Bank Republik Kolumbia berhasil mengumpulkan banyak benda-benda logam peninggalan kuno yang berusia 2500 SM sampai benda-benda peninggalan Nenek Moyang Kolumbia sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Amerika (Zaman PraHispanik). Dan Bank Republik Kolumbia mulai mendanai untuk membangun sebuah Museum, supaya barang-barang warisan negara tersebut dapat dipamerkan dan dapat menjadi kebanggan Kolumbia terhadap peradaban kuno nya.

BAGIAN DALAM MUSEO DEL 'ORO (GOLD MUSEUM)
Gedung Museum ini terus direnovasi (tercatat tahun 1988, 1994, 2004) dan diperluas supaya pengunjung bisa nyaman berkunjung dan belajar di dalamnya dan dapat memikat wisatawan asing. Sampai saat ini koleksi permanen yang ada di Museum itu ada lebih dari 50.000 ornamen, peralatan dan karya seni terbuat dari emas yang semuanya merupakan peninggalan bangsa Muisca dan peninggalan masyarakat prehispanic (Zaman Invasi Spanyol ke Amerika Latin). Banyaknya koleksi menjadikan Museum ini sebagai tempat penyimpanan koleksi emas terbesar di seluruh dunia.

Saat ini Museum Emas ini terdiri dari 3 lantai. Mari kita telusuri:

LANTAI 1
Denah lantai 1


Di Lantai 1 ini merupakan Pintu Masuk Utama, tempat pemeriksaan Pengunjung dan tempat Pengunjung Membeli Tiket. Di Lantai 1 ini juga terdapat Restoran dan Toko Souvenir Oleh-Oleh khas Kolombia.

Di Lantai 1 ini pengunjung langsung disuguhi oleh "Pameran Emas" di bilik-bilik kaca yang memikat pengunjung dan membuat berdecak kagum pengunjung.









LANTAI 2
Denah lantai 2


Ruangan Lantai 2






Lantai 2 ini menampilkan koleksi utama emas: sebuah perjalanan dalam sejarah dan adat istiadat suku-suku yang hidup di tengah, selatan dan utara Kolombia (Suku Muisca) diatur sesuai dengan jenis proses logam yang mereka gunakan.

Di Lantai 2 ini juga terdapat 'Study Room". Tempat yang terdapat layanan yang memungkinkan pengunjung untuk mempelajari aspek-aspek tertentu yang lebih lengkap, seperti wisata tematik, animasi pedagogis, audio guides dalam bahasa Spanyol, Inggris dan Perancis, ruang multimedia, dan sebuah ruang belajar dimana pengunjung dapat menyelidiki dan membaca tentang subyek berhubungan dengan benda yang di pamerankan.

Beberapa Koleksi Emas yang terkenal Peninggalan Suku Muisca:

Gold Cast Pendant 600 S.M.


Gold Votive Figure 600 S.M.


Gold rings possibly Muisca (1600 S.M.)


Gold Drug Container (1600 S.M.)


LANTAI 3
Denah lantai 3


Ruangan Lantai 3




Lantai 3 juga merupakan Ruang Pamer Utama. Lantai ini berisi sejarah emas dan signifikansi terhadap budaya prehispanic (Zaman datangnya Spanyol ke Amerika Selatan), bersama dengan pameran potongan dari budaya berasal dari barat daya Kolombia. Sepanjang jalan, pengunjung juga dapat melihat galeri legenda, mitos dan cerita yang berhubungan dengan penaklukan Spanyol dan menceritakan kisah perlawanan rakyat Kolombia asli terhadap penjajah Spanyol. Di lantai ini dipamerkan koleksi seni emas kebudayaan Kolumbia prakedatangan orang Spanyol.

Beberapa Koleksi Emas yang terkenal Peninggalan Bangsa Kolombia pada masa prehispanic (Zaman datangnya Spanyol ke Amerika Selatan) :

Metal - Gold Tool


Tairona Gold Object


Tairona Gold Object


Gold Raft Object


Berbagai Peninggalan-Peninggalan di Museum Emas diatas adalah tempat di mana masa lalu Kolombia yang penuh keragaman budaya ditunjukkan pada generasi sekarang ini yang merangsang rasa ingin tahu sehingga menjadi tempat favorit bagi anak-anak, remaja dan bahkan orang dewasa untuk memperoleh pengetahuan tentang bangsanya dan warisan arkeologi bangsanya.

Fenny Goh 04 Dec, 2010


--
Source: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/12/museo-del-oro-columbia-museum-emas.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com